Selasa, 28 Maret 2017

Pengenalan Microsof Visual Studio .NET

PENGENALAN MICROSOFT VISUAL STUDIO.NET 2010 

Image result for .net framework

1. TUJUAN 

a. Sejarah 

b. Mengenalkan konsep .Net Framework 

c. IDE Visual Microsoft Studio.NET 2010 

2. DASAR TEORI Microsoft Visual Basic

(sering disingkat sebagai VB saja), merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM). 

Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. 

Pada tahun 1992 Visual Basic versi 2.0 dirilis untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja dari Visual Basic versi 1.0. Pada tahun 1993 Microsoft mengeluarkan kembali versi terbaru dari Visual Basic ini yakni Visual Basic 3.0 yang ditambahkan diantaranya adanya kontrol data yang berfungsi untuk mengakses database, dan juga sudah tersedia Jet Engine versi 1.1 yang digunakan sebagai tool koneksi database melalui DAO (Data Access Object). 

Pada tahun 1995 Visual Basic 4.0 dirilis dan sudah dimasukkan teknologi OLE (Object Linking Embedding) serta kemampuan untuk membuat control sendiri (OCX). Pada tahun 1997 Visual Basic 5.0 dirilis dengan memasukkan teknologi baru yang mendukung COM serta memungkinkan membuat kontrol ActiveX sendiri ataupun DLL. 

Pada tahun 1998 Visual BAsic 6.0 dirilis dengan teknologi yang lebih ditingkatkan lagi khususnya dalam mengakses SQL Server dan mengusung ADO (ActiveX Data Object) yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dalam mengakses database pada perusahan besar. 

Pada tahun 2000 Microsoft memperkenalkan pertama kali teknologi .Net tetapi belum banyak menarik minat. Hingga pada tahun 2002 Microsoft merilis Visual Studio .NET 2002 yang dipaket dengan Visual Basic .NET, Visual C++ .NET, Visual C# .NET dan Visual J#. NET.

Pada tahun 2003 Visual Studio 2003 dirilis untuk memperbaiki kinerja dari visual Studio 2002 dengan meluncurkan .NET Framework versi 1.1. Hingga pada tahun 2009 Visual Studio sudah pada versi 2010, dimana didalamnya sudah ditambahkan bahasa pemrogramana yang baru yaitu F#.


2.1. NET Framework Microsoft 


.NET Framework (dibaca Microsoft Dot Net Framework) adalah sebuah komponen yang dapat ditambahkan ke sistem operasi Microsoft Windows atau telah terintegrasi ke dalam Windows (mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows terbaru).
Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar solusi-solusi program untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan umum suatu program baru, dan mengatur eksekusi program-program yang ditulis secara khusus untuk framework ini. .NET Framework adalah kunci penawaran utama dari Microsoft, dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows.

 Untuk bekerja di lingkungan .NET Framework maka anda harus mengetahui arsitektur dan komponen apa saja yang ada didalamnya. .NET Framewok mendukung beberapa bahasa pemrograman, adapun bahasa pemrograman yang disupport secara resmi oleh Microsoft adalah C# (CSharp), VB, dan C++, tetapi sekarang banyak bahasa lain yang juga dikembangkan untuk mensupport platform .NET diantaranya Delphi, Phyton (IronPhyton), dll.

Untuk mengembangkan aplikasi berbasis .NET sebenarnya dapat digunakan lebih dari satu bahasa pemrograman (Language Interoperability) misal sebagian program menggunakan C# dan sebagian lagi menggunakan VB, tetapi disarankan untuk memilih hanya satu bahasa pemrograman saja agar aplikasi yang dibuat lebih mudah untuk di-maintain. 

Bahasa paling banyak digunakan diplatform .NET saat ini adalah C# dan VB. 
.NET Framework sebenarnya terdiri dari dua komponen utama yaitu CLR (Common Language Runtime) dan FCL(Framework Class Library).


 .NET Framework CLR

 Common Language Runtime (CLR) adalah pondasi utama dari Framework .NET. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap berbagai macam hal, seperti bertanggung jawab untuk melakukan managemen memory, melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, menentukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai layanan system lainnya. Dengan adanya fungsi CLR ini, maka aplikasi berbasis .NET biasa juga disebut dengan managed code, sedangkan aplikasi di luar itu biasa disebut dengan un-managed code. Dengan adanya CLR maka tugas pengembang program menjadi lebih ringan karena banyak tugas yang dahulu harus dikerjakan oleh pengembang sudah digantikan secara otomatis oleh komponen CLR ini. CLR akan melakukan kompilasi kode-kode aplikasi kita menjadi bahasa assembly MSIL (Microsoft Intermediate Language). Proses kompilasi ini sendiri dilakukan oleh komponen yang bernama Just In Time (JIT).


.NET Framework Class Library 

atau sering juga disebut Base Case Library (BCL) adalah koleksi dari reusable types yang sangat banyak dan terintegrasi secara melekat dengan CLR. Kumpulan Class Library ini sangat berguna untuk pengembangan aplikasi karena developer tidak perlu membuat semuanya dari awal karena sudah disediakan oleh .NET, misal class untuk membuat aplikasi berbasis windows, class untuk membuat objek-objek koleksi, class untuk koneksi dengan database (ADO.NET), class untuk mengembangkan aplikasi berbasis web, class WPF (Windows Presentation Foundation), dan masih banyak lagi.
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

0 komentar:

Posting Komentar